Sekolah Menengah Taman Nasional

Sebuah SMA (Sekolah Menengah Atas) di negeri Aa’ Syam merupakan taman nasional. Apakah karena para siswanya merupakan purba? Apakah karena berlokasi di dekat hutan lengkap dengan danau dan air terjun? Tidak. SMA ini dijadikan taman nasional karena arti pentingnya bagi ilmu pengetahuan sosial, khususnya sejarah. Sebelum berlarat-larat, saya sampaikan saja bahwa SMA yang saya maksud ini adalah Arkansas Central High School di Little Rock. Kita akan pelajari dalam postingan kali ini mengapa SMA ini dijadikan taman nasional.

Jadi, intinya, untuk bisa disebut taman nasional, sebuah tempat tidak harus berupa taman dalam arti harfiah. Tempat ini bahkan tidak perlu punya pohon untuk menjadi taman. Menurut Brian Schwieger, seorang pegawai National Park Service yang bertugas menjadi pemandu di Little Rock Central High School, menyebutkan bahwa Little Rock Central High School dijadikan taman nasional karena arti pentingnya dalam mengenang dan menjadi sumber penelitian tentang sejarah integrasi ras di level sekolah menengah di Selatan.

Kalau dilihat pada lingkup yang lebih luas, kita akan temukan beberapa tempat yang merupakan taman nasional tanpa harus menjadi taman secara harfiah. Ambillah kawasan Capitol Hill di Washington D.C., yang merupakan tempat ngantornya Barack Obama dan para Senator negeri Aa’ Syam. Kawasan perkantoran yang sangat luas itu adalah taman nasional. Jadi, presiden Obama itu ngantornya di taman nasional.

Written By

More From Author

(Terjemahan Cerpen) Mereka Terbuat dari Daging karya Terry Bisson

“Mereka terbuat dari daging.” “Daging?” “Daging. Mereka terbuat dari daging.” “Daging?” “Tak diragukan lagi. Kami…

Thank You, Dua Satu! Let’s Go Loro Loro!

Beberapa menit lagi 2021 sudah usai dan saya perlu menuliskan satu catatan kecil biar seperti…

(Resensi) Puser Bumi oleh Mas Gampang Prawoto

Berikut resensi terakhir dalam seri tujuh hari resensi. Kali ini kita ngobrol soal buku puisi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *