Dramatisasi Ringkas Interstate Highway

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=Kd07dQK1rlM]

Video ini merupakan dramatisasi dengar pendapat atas proposal pembangunan jalan raya Interstate di sebuah kota kecil. Meskipun singkat, klip ini menurut saya banyak meringkas faktor-faktor penting yang perlu kita ketahui tentang Interstate Highway System, atau sistem jalan raya federal yang menghubungkan kota-kota penting Amerika Serikat.

Manfaat yang bisa dipetik dari Interstate Highway antara lain adalah: 1) kelancaran transportasi di pusat kota dan pengurangan kemacetan karena mobil yang hanya perlu melintasi sebuah kota (tanpa harus berhenti) bisa terus melanjutkan perjalanan tanpa ikut menyesakkan lalu lintas di sebuah kota, 2) jarak tempuh yang lebih singkat antara satu kota dan lainnya (karena seseorang tidak perlu terjebak kemacetan di dalam kota yang dia lewati untuk menuju ke kota tujuan), 3) keselamatan anak sekolah yang lebih terjamin karena lalu lintas yang tidak terlalu padat di kawasan pendidikan dan pemukiman, 4) dll.

Karena klip ini berkisah tentang jejak pendapat, maka kita juga bisa mendengarkan dampak negatif yang bisa timbul karena pembangunan jalan interstate ini. Di antaranya adalah: 1) berkurangnya pengunjung sebuah kota karena orang yang menempuh perjalanan panjang hanya lewat di kawasan interstate tanpa harus masuk ke kota ada di antara tempat asal dan tujuan mereka, 2) kekhawatiran akan berkurangnya bisnis karena semakin sedikit orang yang memasuki sebuah kota.

Kalau kita ingat-ingat lagi, film animasi Cars adalah salah satu wujud dari dampak negatif dari pembangunan Interstate. Sebuah kota bernama Radiator Spring yang indah jadi mati karena orang yang bepergian antara satu kota dan kota lainnya tidak berkesempatan melihat kecantikan yang ditawarkan Radiator Spring. Kota jadi sepi dan bisnis jadi mati. Uniknya, akhir cerita film Cars ini mirip titik temu antara dua kubu yang berseberangan dalam video Interstate Hearing Hearing ini. Yaitu: kalau memang sebuah kota memiliki daya tarik yang cukup bagus, maka orang tetap akan datang ke kota tersebut, meskipun jalan Interstate tidak melewati kota tersebut. Jika kota kita memiliki daya tarik (dalam kasus film Cars, daya tarik tersebut adalah alam yang indah, legenda NASCAR bernama Doc Hudson, dan juara NASCAR bernama Lightning McQueen yang bermarkas di kota tersebut) maka pengguna interstate tetap saja akan mengambil Exit yang menuju ke kota yang bersangkutan. Sementara pada saat yang bersamaan lalu lintas kota tidak perlu macet karena orang yang tidak ada perlu datang ke kota ini.

Salaam

Written By

More From Author

(Terjemahan Cerpen) Mereka Terbuat dari Daging karya Terry Bisson

“Mereka terbuat dari daging.” “Daging?” “Daging. Mereka terbuat dari daging.” “Daging?” “Tak diragukan lagi. Kami…

Thank You, Dua Satu! Let’s Go Loro Loro!

Beberapa menit lagi 2021 sudah usai dan saya perlu menuliskan satu catatan kecil biar seperti…

(Resensi) Puser Bumi oleh Mas Gampang Prawoto

Berikut resensi terakhir dalam seri tujuh hari resensi. Kali ini kita ngobrol soal buku puisi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *