Cara Menambahkan Musik Latar di Video Zoom

Oke, setelah beberapa waktu lalu bikin video tentang cara membuat video presentasi sederhana, sekarang perkenankan saya meningkatkan level permainan dengan memasukkan suara musik sebagai latar video Zoom kita.

Target dari video ini adalah tentu saja bukan para pembuat video yang sudah ahli. Saya tidak akan repot-repot memberikan tips buat mereka yang lebih fokus ke jadi YouTuber. Kalian sudah sempurna, gaes. Kalian sudah punya kamera bagus, gaes. Kalian sudah punya cukup keahlian mengedit video. Saya tidak akan menggarami Selat Madura, gaes.

Harus Membuat Video Tapi Minim Waktu Editing

Tapi, target saya adalah mereka yang sehari-hari harus sering bikin video pakai rekaman Zoom buat mengajar. Ada yang guru sekolah? Ada yang guru madrasah (kelas online)? Yang dosen mana suaranya? Kayaknya masih ketiduran karena kecapekan ngasih komentar postingan mahasiswa di LMS ya? (Nanti kalau sudah bangun baca ini ya.) Nah, kalau kalian model-model individu yang seperti itu, yang harus banyak membuat video untuk tujuan pengajaran tapi tidak punya cukup waktu buat mengedit, maka video ini untuk kalian.

Wabil khusus, video ini akan sangat menarik buat yang harus banyak ceramah tanpa perlu bikin tayangan salindia (maksud saya slide ppt). Yang termasuk di sini adalah guru yang ceramah tentang hikmah kebijaksanaan (seperti guru pesantren atau sekolah atau madrasah). Atau boleh juga buat dosen yang perlu menyapa mahasiswa tanpa ppt (misalnya memberikan komentar umum atas kegiatan perkuliahan). Intinya: kalau ada perlu bikin video ngomong tanpa perlu ngeshare ppt, mungkin ini akan cocok buat kalian.

Tanpa berpanjang-panjang, inilah video tutorial cara memberikan latar musik pada video rekaman zoom:

Nah, kalau sudah tahu teknisnya, sekarang coba deh kawan-kawan pertimbangkan alternatif suara latar ini:

  1. Musik lofi –> ceramah umum
  2. Suara kafe –> ceramah topik cool dan indie
  3. Musik epik –> ceramah sejarah kejayaan bangsa
  4. Suara angin menderu –> ceramah tentang sesuatu yang mengerikan
  5. Lagu wajib nasional –> ceramah kelas Pancasila dan Kewarganegaraan
  6. Suara burung-burung –> ceramah tentang kelestarian lingkungan
  7. silakan lanjutkan sendiri…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *