Masjid Darurat Joplin, Missouri

Masjid darurat di Joplin, Missouri. Tidak ada yang istimewa dengan arsitektur masjid ini. Tentu saja, lha wong ini sebenarnya salah satu toko di sebuah strip mall yang disewa sebentar. Tapi kisah dramatisnya yang menuntut diceritakan.

Masjid Darurat Joplin

Komunitas Muslim di Joplin sebenarnya punya masjid yang bagus sebelum ini, bekas bangunan gereja dengan halaman super luas dan playground yang manis. Saya beberapa kali ke sana karena kebetulan imamnya waktu itu orang Indonesia lulusan kampus almamater sy di Arkansas. Tapi, pada awal Agustus 2012 masjid itu terbakar sampai rata dengan tanah. Orang yang membakar masjid itu disidangkan dan mengakui tindakannya kelak pada tahun 2016 (setelah dia juga membakar klinik Planned Parenthood).

Tak lama setelah kebakaran, masyarakat setempat dan anak² SMA mengadakan aksi kepedulian sosial untuk menguatkan komunitas yang syok ini. Orang² dari berbagai latar belakang agama dan etnis mendukung.

Oh ya, setahun sebelumnya, ketika tornado menjejakkan kaki di Joplin, banyak bangunan yang hancur dan terdampar, termasuk rumah imamnya dan rumah sakit di mana kebanyakan jamaah masjid ini bekerja sebagai dokter. Masjid Joplin (yang bekas gereja itu) termasuk bangunan yang tidak terdampak. Ternyata yang menghancurkannya tangan manusia yang membenci kelompok yang berbeda, yang juga minoritas. Untungnya minoritas itu didampingi juga oleh anggota mayoritasnya.

Setelah mengetahui segala relasi antara minoritas, mayoritas, kebencian, dan aliansi ini, sulit rasanya saya memandang relasi etnis dan agama di indonesia scr default.

Foto ini diambil pada bulan September 2012 oleh selebgram Anda ini, baru 1 bulan setelah kebakaran itu.

Kurang lebih setelah setahun foto ini diambil, komunitas Muslim Joplin meresmikan masjid baru mereka. Kali ini masjidnya megah, sejak awal dibangun sebagai masjid. Separuh masjid untuk ruang sholat, separuhnya lagi untuk balai pertemuan, halal bihalal, manten, syukuran, dll. Ya, sepertinya tidak sulit karena sebagian besar jamaahnya memang pegawai dan dokter asal Pakistan yang bekerja di rumah sakit besar yang ada di kota ini.

BTW, buat penggemar rock n roll, Joplin muncul di lagu Chuck Berry “Get your kick (on route 66)”

More From Author

Masjid Makbadul Muttaqin, Terang tapi Menyejukkan

Masjid di Mojosari ini dari luar tampak megah dengan kubah lancipnya yang berwarna hijau. Siapa…

Gelora Bung Karno (GBK), a Morning Oasis Amidst the Haze

If you're in Jakarta and have a two hours period of time to spend in…

Menengok Pantai Selatan di luar JLS

Tulisan ini tentang pantai selatan, tapi karena perihal perjalanannya asyik, saya tuliskan dulu perjalanannya. Baru…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *