Solusi Webcam Dell Latitude Tidak Terdeteksi setelah Update Windows 10

Saya hanya ingin memberikan solusi buat sobat sebal semua yang punya masalah dengan webcam bawaan (integrated webcam) untuk laptop Dell Latitude e6410. Kalau baru-baru ini sobat sebal menjadi sebal karena tiba-tiba webcam bawaannya tidak berfungsi setelah update (yang biasanya terjadi tanpa kita sadari–seperti cinta yang tiba-tiba hadir), maka solusinya adalah di bagian belakang postingan ini nanti. Tidak perlu terlalu kuatir sampai imunitasnya anjlok.

Sebelum ke solusi, mari kita cerita dulu sesuatu yang filosofis, yakni tentang arti penting webcam. Saat ini, ketika banyak dari urusan para sobat sebal berkerah biru ini terjadi di dunia maya dan diperantarai perangkat lunak video conference, webcam adalah vital. Webcam adalah yang mengantarkan wajah kita. Bahkan, kita bisa bilang webcam adalah wajah kita. Webcam yang mati sama halnya dengan hilangnya muka kita. Tahu apa yang terjadi dengan orang yang kehilangan muka? Bisa putus asa, kawan. Dan itulah yang terjadi dengan saya kemarin, ketika saya harus bertemu kawan-kawan kelompok menulis melalui Zoom tapi ternyata webcam saya tidak berfungsi.

Tapi, sayangnya ada update windows yang terkadang tidak kompatibel. Update windows ini ternyata menutupi driver yang sebelum-sebelumnya ada. Saya sendiri tidak tahu pasti bagaimana sistematikanya. Tapi yang pasti, setelah salah satu update security buat Windows 10, banyak yang mengeluhkan webcam untuk Dell Latitude e6410 mereka tidak berfungsi. Pada kasus saya, webcam tiba-tiba tidak terdeteksi. Ketika saya online dengan Zoom, di situ disebutkan bahwa komputer saya tidak punya webcam. Ketika saya buka aplikasi camera, ternyata di situ disebutkan bahwa perangkat webcam tidak terpasang.

Nah, solusinya adalah, saya google dengan kata “dell latitude e6410 webcam not detected.” Saya pun menemukan halaman ini. Saya pastikan apakah tanggalnya baru atau lama. Eh, ternyata baru. Berarti ada kemungkinan ini benar, mungkin update baru-baru ini yang berulah. Dan akhirnya, selalu dengan semangat coba-coba iseng-iseng berhadiah, saya downloadlah perangkat lunak untuk Dell Webcam Center ini. Ya, yang ini. Setelah itu saya unzip dan install. Setelah itu dia minta restart, saya juga restart. Siapa takut? Akhirnya, setelah nyala lagi, eh, webcam saya sudah terdeteksi dan berfungsi normal.

Jadi, solusinya adalah:

  1. Silakan download software ini.
  2. Unzip dan install software tersebut.
  3. Restart komputer.
  4. Berbahagialah karena Anda menemukan muka Anda kembali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *