Ekskavasi, Link Download, Rolling Release

Di akhir tahun yang berbahagia ini, perkenankan saya menyampaikan kabar bahagia: buku Ekskavasi: Menggali Lirik, Menemukan Puisi telah terbit lewat Penerbit Pelangi Sastra dan bisa diunduh. Tapi, sebelum saya berikan tautan untuk mengunduh buku tersebut, tolong dengarkan dulu cerita singkat untuk menyertai buku itu (kalau tidak sempat baca, silakan langsung turun ke link unduhan di bawah, seperti biasa :D).

Buku Ekskavasi ini berisi terjemahan lirik-lirik lagu (plus bonus track terjemahan puisi-puisi) disertai esai-esai pengiring. Terjemahan-terjemahan lagu itu hampir semua sudah muncul di blog ini, tapi tentu saja saya menggarapnya ulang dan menyesuaikannya agar menjadi format buku. Esai-esai pengiringnya pun sebagian besar ditulis khusus untuk keperluan buku ini. Ini saya sampaikan sekadar menunjukkan bahwa buku ini bukan hanya postingan blog yang dikumpulkan begitu saja (biar kelihatan ada usaha serius begitulah).

Sementara ini, hosting buku ini ada di Google Drive, dan ini menguntungkan buat saya. Sebagai pengguna Linux, saya suka sekali dengan manajemen rolling release seperti yang diterapkan oleh Arch Linux. Apa itu rolling release? Rolling release artinya sebuah produk itu didistribusikan dalam satu kondisi, tapi kalau dalam pemakaiannya ditemukan bug atau glitches atau ketidaksesuaian dalam bentuk apa pun, developer akan terus memperbaiki dan pengguna bisa memutuskan untuk mengambil versi yang sudah diperbaiki dari server melalui update bila berkenan. Begitulah yang saya terapkan di Ekskavasi ini. Secara berkala saya akan melakukan perbaikan kalau ternyata ada masalah dengan berkas Ekskavasi yang sudah siap unduh itu. Mungkin sebulan sekali saya akan rekap masalah-masalah yang ada (salah ketik, salah tata bahasa, salah diksi, atau lain-lain) dan mengupdate file yang ada di Google Drive. Bahkan, kalau Anda beruntung, akan ada esai baru yang bisa saya selipkan di situ. 😉

Baiklah, sepertinya saya sudahi dulu di sini. Bagi kawan-kawan yang ingin menikmati terjemahan lagu-lagu ini dan cerita-cerita personal yang mengiringinya, silakan klik di bawah ini.

UNDUH EKSKAVASI

Atau, boleh juga lewat penerbit Pelangi Sastra di sini (tentu saja di situ banyak buku lain yang bagus dan bisa dibeli juga.

Berikut ini wajah bukunya, dengan desain sampul karya kawan saya mas Aditya “Keceng” Nirwana, seorang desainer, penulis, pelestari keris dan tosan aji, serta dosen di Universitas Ma Chung.

2 Comments

  1. Bakal saya baca e-booknya sampai selesai cuma karena alasan saya suka diksi yang dipakai untuk artikelnya. Rasanya renyah dan nyegerin. Hahaha.

    Artikel-artikelnya selalu ditunggu Bang.

    1. Siap, makasih. Kalau ada komentar atau apa gitu, silakan dilempar ke sini ya… 🙂 Selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *